Kajian Kebijakan dan Arah Riset Pasca-Covid-19

Authors

  • Dharendra Wardhana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI

DOI:

https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.110

Keywords:

covid-19, corona, pandemi, arah kebijakan, kajian kebijakan, arah riset

Abstract

Riset tentang Covid-19 beserta dampak dan penanganannya sudah berjalan sejak pertama kali wabah ini merebak. Tinjauan kebijakan dalam berbagai disiplin memerlukan pendalaman dan yang terpenting kajian lintas-disiplin sehingga dikotomi kebijakan dapat diminimalisasi. Tulisan sederhana ini berupaya mengidentifikasi ruang dan potensi kajian yang relevan dengan penanganan dan kebiajakn pasca-Covid-19 dalam berbagai disiplin dan perspektif. Analisis yang dipergunakan adalah tinjauan literatur terstruktur dengan diawali tinjauan sekilas terhadap tren yang berkembang secara daring. Fitur Google Trends dimanfaatkan untuk mengidentifikasi tren sedangkan situs pencarian ilmiah Google Scholars dipergunakan untuk mengetahui frekuensi karya ilmiah yang diunggah di dunia maya. Piranti lunak VosViewer digunakan untuk mengidentifikasi kluster riset beserta densitasnya. Celah riset masih terbuka lebar dan mengundang para pelaku riset untuk segera berkontribusi menyampaikan gagasan ilmiah beserta solusi konstruktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dharendra Wardhana, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI

1Dharendra Wardhana adalah Kepala Sub Direktorat Perlindungan Sosial, Direktorat Perencanaan Kependudukan dan Perlindungan Sosial Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Downloads

Published

2020-06-08

How to Cite

Wardhana, D. (2020). Kajian Kebijakan dan Arah Riset Pasca-Covid-19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 223–239. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.110